[Exercise] IP Management Part 3

Dibawah ini adalah contoh kasus penerapan pengelolaan Internet Protocol (IP) menggunakan tehnik Variable Lenght Subnet Mask (VLSM).

PROJECT 1: Sebagai network engineer Anda diminta untuk membuat disain jaringan dengan kebutuhan jaringan sebagai berikut: 8 departemen yang terdiri dari 2 departemen masing-masing sebanyak 120 komputer, 2 departemen masing-masing sebanyak 28 komputer, 4 departemen masing-masing sebanyak 6 komputer. Anda juga diingatkan untuk membuat jaringan point-to-point antar router yang telah dibeli oleh client Anda.

PROJECT 2: Sebagai network engineer Anda diminta untuk membuat disain jaringan dengan kebutuhan jaringan sebagai berikut: 8 departemen yang terdiri dari 2 departemen masing-masing sebanyak 502 komputer, 2 departemen masing-masing sebanyak 120 komputer, 4 departemen masing-masing sebanyak 18 komputer. Anda juga diingatkan untuk membuat jaringan point-to-point antar router yang telah dibeli client Anda.

PROJECT 3: Sebagai network engineer Anda diminta untuk membuat disain jaringan dengan kebutuhan jaringan sebagai berikut: 8 departemen yang terdiri dari 1 departemen masing-masing sebanyak 200 komputer, 4 departemen masing-masing sebanyak 40 komputer, 3 departemen masing-masing sebanyak 15 komputer. Anda juga diingatkan untuk membuat jaringan point-to-point antar router yang telah dibeli client Anda.

Comments

Anonymous said…
boz masalah perangkatnya gimana?

terserah apa dah ditentuin?
Anonymous said…
this is just an exercise. you can use any networking devices, router and switches.

Popular Posts