Router

Router adalah sebuah alat jejaring yang bertujuan untuk menentukan arah paket. Di dunia nyata, router dapat disebut sebagai sebuah jembatan. Router juga dapat disebut sebagai perantara, dan router juga dapat disebut sebagai penunjuk arah. Sebagai router Ada lima tugas yang harus dia kerjakan. Pertama router harus mengetahui alamat tujuan paket tersebut. Kedua, router harus mengetahui dimana lokasi paket tersebut berasal. Ketiga, router harus mengatuhui beberapa arah untuk mencapai alamat tujuan paket tersebut. Keempat, router harus memilih satu buah arah yang terbaik menuju alamat tujuan tersebut. yang kelima, router harus mampu untuk mengelola tabel keputusan tentang berbagai arah yang selama ini pernah dia pelajari.

Bayangkan sebuah jembatan yang pernah Anda pahami. Tujuan dibuatnya jembatan adalah mempertemukan dua lokasi yang terpisah. Mungkin saja terpisah oleh jurang sungai atau kanal. Router-pun demikian, router dibuat karena dianggap mampu mempertemukan dua atau lebih alamat jaringan yang berbeda. Sebagai perantara, router bertugas sebagai penerus paket dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lainnya. Hal ini sering disebut sebagai paket switching. Sebagai penunjuk arah, router dianggap mampu untuk menentukan arah paket yang telah memiliki tujuannya.

Pada kondisi fisik yang sebenarnya, mungkin kita dapat menemukan sebuah alat yang bertuliskan "ROUTER". Namun seringkali juga kita menemukan sebuah alat yang bertuliskan "ROUTER SWITCH". Agar lebih memahami istilah router itu disini, baiknya saya arahkan pemahaman "router" pada sebuah peran. Jadi, manakala kita melihat kemampuan sebuah alat jejaring komputer dapat meneruskan paket dari satu alamat jaringan satu ke alamat jaringan yang lainnya, maka alat tersebut dapat dikatakan berperan sebagai ROUTER.



Comments

Popular Posts