Ujian Sertifikasi Pengajar Cisco

Di pertengahan tahun 2008, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi khusus untuk pengajar Cisco. Sertifikasi ini disebut CCSI yaitu kepanjangan dari Cisco Certified Systems Instructor. Program sertifikasi ini diadakan untuk validasi pengajar Cisco di seluruh dunia. Pemegang sertifikasi ini berhak mengajar materi Cisco dan diakui secara legal oleh pihak Cisco System.

Syarat mengikuti ujian ini, peserta harus pernah mengikuti training CCNA dan lulus ujian CCNA terlebih dahulu. Setelah itu dapat mendaftarkan diri di CLSP terdekat. Lokasi ujian bisa bervariasi, umumnya bila asal negara di Indonesia, maka negara penyelenggara ujian ini difokuskan di Asia Pasific. Saat itu kebetulan saya mengikuti ujian CCSI di Singapura.

Materi yang diujikan adalah CCNA. Sedangkan jenis ujiannya terdiri dari tiga penilaian. Yaitu penilaian penguasaan kelas, materi CCNA dan penguasaan konfigurasi lab. Ujian CCSI ini memang penuh dengan tantangan. Penilaian presentasi dilakukan dengan dua bahasa. Pertama dengan bahasa masing-masing negara, selanjutnya dalam bahasa Inggris. Sedangkan penilaian konfigurasi lab didasarkan pada hasil konfigurasi yang benar pada setiap langkahnya serta jumlah konfigurasi yang telah diselesaikan peserta. Bagi saya, konfigurasi sebuah lab adalah tantangan yang besar. Karena dari sebelas langkah konfigurasi yang disediakan saya harus menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 8 jam. Karena ketatnya penilaian dan waktu, sampai-sampai saya tidak dapat meluangkan waktu untuk makan siang :(

Untuk kelulusan lab harus diatas 80%. Jadi kesalahan yang diperbolehkan adalah 20% saja. Sedangkan penilaian uji presentasi didasarkan pada jawaban yang benar atas pertanyaan penguji dan peserta yang hadir di tempat ujian. Alhamdulillah, satu minggu setelah ujian diadakan saya mendapatkan pengumuman bahwa saya telah lulus CCSI dengan nomor #32068.















Photo: Bersama sang Proctor, Mr. Eric Tolentino

Comments

Popular Posts