Interior Gateway Protocols

Interior Gateway Protocols atau IGP adalah jenis protokol routing yang dioperasikan di dalam satu administrasi domain atau sering disebut Autonomous System (AS). Pada skala jaringan yang luas, IGP sangat cocok diterapkan pada jaringan backbone. Jenis lain dari protokol ini adalah sebuah protokol routing yang dioperasikan diantara dua AS yang berbeda, yang disebut sebagai Exterior Gateway Protocol atau EGP.

Ada banyak IGP yang sering digunakan di jaringan seperti RIP, IGRP, EIGRP, OSPF dan IS-IS. RIP sangat cocok untuk jaringan sederhana hingga penggunaan Host-Based Router diterapkan. Host-Based Router ini misalnya menjadikan Server Microsoft sebagai router. IGRP dan EIGRP adalah routing protocol yang secara proprietary dimiliki oleh Cisco System. Perbedaannya, IGRP untuk jaringan skala rendah, sedangkan EIGRP untuk jaringan skala tinggi. Sedangkan OSPF dan IS-IS adalah routing protocol yang khusus dioperasikan untuk jaringan-jaringan skala tinggi.

EIGRP, OSPF dan IS-IS memiliki kemampuan yang sama dalam penerapannya, yaitu mampu dioperasikan di jaringan dengan skala tinggi. Namun sayangnya, EIGRP hanya dapat dipakai sebatas pada perangkat Cisco saja. Untuk pilihan non-Cisco, maka OSPF dan IS-IS dapat dimanfaatkan.

OSPF dan IS-IS sedikit berbeda tapi lebih banyak kesamaan-nya. OSPF cenderung digunakan di perusahaan non-Service Provider (Enterprises) skala menengah keatas. Sementara IS-IS dengan kestabilan dan fleksibilitas dalam menambah backbone-nya, umumnya digunakan di kalangan Service Provider.

Baiklah, untuk mempelajari hal ini lebih jauh lagi, silahkan bergabung pada training ICND1, ICND2 ataupun CCNA Express di berbagai lembaga training yang berkualitas dan memberikan solusi atas kebutuhan Anda.


Comments

Popular Posts