Proses Sequence Paket Routing Protokol Link State

Perhitungan Paket Routing atau sequence dari Protokol Link State (OSPF dan IS-IS), dimulai dari 0x80000001 hingga berakhir di 0x7FFFFFFF. Sekilas muncul pertanyaan tentang angka 8 dan 7. Mengapa dimulai dari angka 8 diakhiri di angka 7? Sebenarnya lebih mudah bila kita hanya memperhatikan perhitungan hexadecimal dari angka 0000000 ke FFFFFFF saja. Itu sangat jelas bahwa perhitungannya maju, dari nilai terkecil hingga nilai paling besar. Namun penjelasan tidak berhenti hanya disana. Ada perhitungan yang lebih rinci tentang hal ini.

Pada dasarnya, hal ini berupa perputaran perhitungan nilai biner dalam bentuk hexadecimal yang melawan arah jarum jam. Seperti kita ketahui bersama, bahwa satu buah nilai hexadecimal setara dengan 4 bit nilai biner. Sedangkan bila kita hitung, total nilai adalah 32 bit. atau 2 pangkat 31. Jadi bila setiap sequence dalam notasi "N", maka "N = 2 pangkat 31". Nilai biner yang dimulai dari nilai "1" disebut sebagai "word negative", sedangkan nilai biner yang dimulai dari nilai "0" disebut sebagai "word positive".

Apabila kita hitung, nilai bit tertinggi (atau nilai bit yang berada paling kiri) dimulai dari nilai "0x8" atau setara dengan "1000" dalam bentuk biner. Ini berarti nilai tersebut adalah "word negative". Sedangkan perhitungan paket routing diakhiri dengan nilai "0x7" atau setara dengan "0111" dalam bentuk biner. Ini berarti nilai bit tertinggi dalam "word positive".

Ternyata perhitungan sequence ini berawal dari nilai word negative (0x8) hingga word positive (0x7). Sehingga benar adanya bahwa sequence paket routing Link State dimulai dari 0x8000001 dan diakhiri pada 0x7FFFFFFF. Sebagai catatan, 0x80000000 dipakai sebagai titik tolak dan dicadangkan saja.

Comments

Popular Posts