Beberapa Skenario Pendistribusian Paket MPLS

Disamping ini adalah contoh penggambaran arsitektur MPLS unicast IP Routing melalui disain Control Plane dan Data Plane.

Hanya ada satu solusi agar pemrosesan pertukaran routing lebih efisien yaitu dengan menggunakan Cisco Express Forwarding (CEF) di dalam arsitektur Control Plane. Dan hanya ada satu solusi saja agar sebuah label pada pemrosesan Data Plane dapat diteruskan ke LSR (Label Switch Router) tetangganya. Silahkan perhatikan pemakaian tabel pada Label Forwarding Information Base di Data Plane.

Berikut ini adalah skenario pada Control Plane:
(1) Label ditambahkan pada Forwarding Information Base (FIB) dan dipetakan ke dalam IP Prefix ke label berikutnya.
(2) Label yang dibentuk secara lokal dimasukkan ke dalam tabel Label Forwarding Information Base/LFIB (Perhatikan Arsitektur Data Plane) dan dipetakan ke label berikutnya.

Sedangkan di dalam Data Plane terdapat empat buah skenario:
(1) Paket IP yg masuk diteruskan berdasarkan tabel FIB dengan menggunakan mekanisme CEF
(2) Paket IP yang masuk, diteruskan dengan membaca tabel FIB dan dikirim sebagai Paket yang (telah) mendapatkan sebuah label (Labelled Packet).
(3) Paket yang telah mendapatkan label tersebut, diteruskan sebagai Paket IP yang berlabel juga. Skenario ketiga ini kemungkinan munculnya aktifitas 'swapping label'.
(4) Paket yang ber-label, pada kondisi LSR tertentu label-nya akan dilepas. Kemudian diadakan pemeriksaan pada tabel FIB, bila sesuai maka paket akan diteruskan sebagai Paket IP biasa (tanpa label).

Image: courtesy of Cisco.com

Comments

Popular Posts