Mensiasati Putusnya Jaringan


Dunia penuh dengan ketidakpastian. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk menyiasatinya. Demikian pula bila kita mencoba membuat jaringan kita tetap stabil. 
Jangan sampai karena masalah kabel putus atau jaringan putus, pengguna jaringan jadi kecewa karena saat mereka mengirimkan dokumen lewat jaringan harus tertunda atau malahan gagal kirim. 

Pada pembuatan jaringan sederhana dengan modal dua buah switch Cisco, mungkin seorang administrator jaringan segera mencari dua buah kabel untuk menghubungkannya. Kabel kedua yang dipasang dimaksudkan agar menjadi cadangan bagi putusnya kabel pertama. Ide dari administrator jaringan tersebut memang benar, tapi kurang tepat. 
Manakala dua kabel tersebut dipasang, ternyata bukan kondisi redundant yang diperoleh, namun muncul tiga dampak buruk yang membuat masalah menjadi bertambah besar. Tiga masalah tersebut adalah munculnya Badai Broadcast, Penyalinan frame yang sama serta berulang-ulang dan tidak stabilnya tabel Mac-Address. Bila diperhatikan lebih dalam lagi, ternyata kebiasaan switch yang selalu meneruskan broadcast tersebut membuat hal ini terjadi, yaitu munculnya looping atau perputaran frame yang berulang.

Untuk menghindari hal tersebut pastikan fasilitas Spanning-Tree Protocol pada switch tersebut sudah aktif. Sehingga tiga hal buruk tersebut tidak terjadi lagi.

Comments

Popular Posts