"DO YOU REALLY KNOW THE NETWORK IS?"

INTRO 
Network dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai 'jaringan' dimaknai dengan cara-cara berbeda tergantung dimana Anda sedang berkomunikasi. Oleh karenanya di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) tertuliskan bahwa istilah ini perlu disandingkan dengan tambahan kata tertentu yang diperlukan agar arti dari kata tersebut lebih spesifik. Apabila Anda sebatas memaknai gambar dalam poster pada postingan ini, maka Anda memaknai jaringan komputer.
Di masa kini di era digitalisasi, mudah sekali kita peroleh definisi-definisi dari istilah yang baru kita temui dengan cara googling, atau "tanya saja ke Mbah Gugel". Salah satu sumber bisa Anda temui di Wikipedia, baik versi bahasa Inggris maupun versi bahasa Indonesia. Paling tidak Anda dapat menemui penjelasannya arti kata 'Network' atau 'Jaringan' sebagai berikut:
"Jaringan komputer, atau jaringan data, adalah jaringan telekomunikasi digital yang memungkinkan node berbagi sumber daya. Dalam jaringan komputer, perangkat komputasi saling bertukar data menggunakan koneksi antar node"


"SALAH KAMAR"
Namun suatu ketika saya pernah mengikuti suatu seminar di bilangan Jakarta dan pada aktitifas rehat kami saling berkomunikasi, berkenalan dan saling tukar menukar informasi. Salah satu yang lucu terjadi. Saat saya berbincang tentang 'jaringan' kepada salah satu peserta seminar, saya kelewatan antusiasinya bicara tentang 'network' yang saya maknai sebagai 'jaringan komputer'. Saking antusiasnya saya lupa menunggu umpan balik atau respon dari lawan bicara saya. Hingga akhirnya saya mencurigai saat saya berbicara tentang Cisco dan teknologi masa kini, dan setiap ada istilah-istilah dan isu-isu baru tentang jaringan saya melihat tidak ada respon positif dari lawan bicara saya. Sekilat saya bertanya apakah saya berbicara terlalu cepat? apakah dia memang tidak konsen dengan saya sehingga tidak menyimak apa yang saya bicarakan? atau.....
Kecurigaan saya menuju kepada persoalan istilah 'jaringan' atau 'network' yang bias makna ini.
Akhirnya saya meminta lawan bicara saya menggali latar belakangnya. Dan benar adanya, saat kami bertukar kartu nama.....
Mata hati saya terbelalak!!!????
Oops! ternyata saya salah orang, salah bicara, salah ngobrol, SALAH KAMAR!
Pada kartu nama yang bersangkutan tertulis:
"NETWORK" namun produknya tertulis di bawahnya 'Muti Level Marketing'
Sejenak saya permisi untuk ke kamar kecil dan tak berniat untuk menemui kembali membicarakan hal ihwal 'Network' pada pemahaman saya.

ORANG AWAM BERTANYA ANDA MENJAWAB
Pada setiap kelas jaringan yang saya bimbing, di awal selalu ada interaksi dan tanya jawab. Beberapa sub-bahasan seperti saat kita bahas hal ini, saya sempatkan untuk mengajukan pertanyaan. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar peserta training yang ada dihadapan saya tetap bugar dan fokus mempelajarinya. Terlebih lagi berkaitan dengan keseharian mereka.
Masih tentang pertanyaan tentang definisi 'Computer Network' atau "Jaringan Komputer" atau "Jejaring Komputer".
Situasinya sepert ini:
Saat Anda hadir pada acara keluarga yang notabene berisi para sesepuh keluarga, saudara-saudara seusia Anda dan anak-anak termasuk kemungkinan besar adalah keponakan-keponakan Anda, sudah lazim mereka yang tidak berkecimpung di dunia Teknologi Informasi (TI) dan ditambah lagi mereka adalah generasi lama yang apabila mengiikuti perkembangan teknologi jaman sekarang sebatas mengetahui bahwa Sosial Media yang mereka kenal saat ini itulah yang disebut TI. Sehingga manakala seorang sesepuh yang 'kepo' atau perhatian kepada Anda sangat tinggi sehingga keingintahuannya juga tinggi, misalnya bertanya kepada Anda perihal pekerjaan Anda, maka perbincangan tersebut harus mengerucut kepada hal-hal menantang bagi Anda untuk menjawabnya. Katakan saja pada situasi bahwa Anda adalah seorang Network Engineer di sebuah perusahaan Internet Service Provider (ISP), PT. ABC, dan beliau bertanya tentang pekerjaan Anda.
Sesepuh: "Adik kerja dimana sekarang?"
Anda: "Saya bekerja di ISP pak".
Sesepuh: "Apa itu ISP nak?" (Bapak ini menggunakan paras menunggu jawaban sambil mengunyah kue-kue kecil yang dihindangkan)
Naaah! jawaban awal Anda tadi akan berdampak pada penjelasan Anda sendiri berikutnya.
Beberapa pilihan jawaban bisa Anda lontarkan misalnya
-"Saya bekerja sebagai Network Engineer"
-"Saya bekerja di dunia jaringan komputer"
-"Pekerjaan saya berurusan dengan Internet"
dan lain-lainnya
Saat itu terjadi, sejenak Anda tertantang untuk menjawabnya. Namun bayangkan upaya Anda menjawab hingga beliau memahaminya. Kira kira, apa penjelasan anda dan butuh berapa lama anda menjelaskannya hingga beliau MENGANGGUK tanda MEMAHAMI - bukannya masa bodoh loh ya, hehehe>

Pengalaman pribadi saya di masa lalu, saat hal tersebut terjadi dan sedang HOT-HOTnya saya jelaskan, ada salah seorang keluarga yang menyela pembicaraan kami. Jika Anda pernah mengalami hal yang sama, disitulah Anda merasa lega --> 'save by the bell' 

Untuk memberikan penjelasan yang gamblang kepada seseorang terkait hal teknis kepada orang awam memang dirasa cukup menantang. Namun demikian dari definisi awal tentang jaringan komputer, maka kita dapat mengambil satu kesimpulan dan ada kata kunci yang terkait dengan fungsinya yaitu "MEMBAGI PAKAI SUMBER DAYA". Sehingga apabila dikaitkan dengan 'barang'nya, bisa ditambahkan dengan 'SATU SET PERANGKAT' atau 'SISTEM'.

Demikian sekilas pengantar pengantar tentang computer network atau jaringan komputer sebagai pembuka. Selanjutnya silahkan mengomentari atau jika ada pertanyaan seputar topik ini dengan senang hati saya menunggu dan segera menanggapinya.

mailto: aisinprivate@sanantagrha.com

Comments

Popular Posts