Interface Pada ScreenOS

Interface adalah koneksi antar sub jaringan - sub jaringan yang ada. Peralatan yang berbeda akan menggunakan nama yang berbeda pula. Sebagai contoh sebuah interface Trust pada sebuah alat jaringan, atau menggunakan nama jenis interface tersebut secara langsung, misalnya ethernet1. Namun demikian yang terpenting adalah setiap interface tersebut akan diberikan alamat IP manakala sebuah firewall bekerja di modus layer 3.

Penerapan sebuah zone dan interface harus mengikuti aturan yang terstruktur. Sebuah interface tidak dapat diberikan pengalamatan IP sebelum menjadi bagian dari zone tertentu terlebih dahulu. Sehingga pada saat ingin memberikan IP address, interface tersebut harus dimasukkan/terdaftar pada sebuah zone saja!

contoh penerapannya sbb:
router-> set interface ethernet0/1 zone trust
router-> set interface ethernet0/1 ip 10.1.1.1/24

Selanjutnya penerapan per interface-nya dapat diberikan beberapa service sekaligus seperti management ping, telnet, ssh, http, dll.

Selain interface fisik, peralatan Juniper juga mendukung virtual interface. Peralatan Juniper juga mendukung berbagai macam interface layer 1 dan layer 2 seperti ethernet, serial, wireless, ADSL, dan ISDN. Untuk interface ethernet didukung bersifat auto sensing, malahan tidak memerlukan konfigurasi khusus. Sedangkan contoh untuk serial interface adalah T1, T3, E1.


Comments

Popular Posts