Perbandingan Perintah CLI ScreenOS dan IOS Saat Awal Pemakaian

CLI atau Command Line Interface pada produk Cisco menggunakan Sistem Operasi IOS. Sedangkan perangkat keamanan jaringan pada vendor Juniper menggunakan Sistem Operasi ScreenOS. Artikel ini membahas tentang perbandingan antara keduanya.

Proses loading pertama kali diantara keduanya tidak jauh berbeda. Saat pertama kali muncul prompt, IOS masuk pada modus User Executable Mode dengan kemunculan tanda ">". Apabila user sedang mengaktifkan router Cisco, maka kemunculan prompt pertama kali adalah "router>". Level otorisasiselanjutnya adalah pada modus privilege. Untuk masuk ke modus privilege, maka user perlu memberikan perintah "enable", dan seketika itu juga prompt berubah menjadi tanda "#".
Contoh:
router>enable
router#
Pada ScreenOS, setelah kita masukkan otentikasi dengan benar prompt yang muncul tidak jauh berbeda, dimana muncul tanda "->". Sebagai contoh bila menggunakan perangkat SSG20, maka prompt akan muncul "ssg20->".
Cara penghapusan konfigurasi menggunakan IOS cukup dengan menuliskan di modus priviledge "erase nvram". Sebagai contoh: router#erase nvram. Sementara di ScreenOS user perlu menuliskan ssg20-> unset all.

Beberapa perintah berikut ini adalah komparasinya:
IOS | ScreenOS

router(config)#hostname R1 | router-> set hostname R1

router(config)#interface eth0 | router -> set interface zone trust
router(config)#ip address 10.1.1.1 255.255.255.0 | router -> set interface eth0/0 ip 10.1.1.1./24

router(config)#line vty 0 4 | set interface eth0 manage telnet
router(config)#password cisco

router#copy run start | router -> save
Artikel ini masih dalam pengembangan, silahkan update selalu dengan mendaftarkan diri pada RSS blog ini <Bloglines, Google, Netvibes, News Gator>

Comments

Popular Posts