Router-ID

Di lingkungan jaringan OSPF, router-id sangat dibutuhkan untuk melakukan identifikasi antar sesama router OSPF. Router-id disediakan dalam format dot decimal 32 bit. Layaknya penulisan IP Address, router-id menggunakan konsep yang sama. Router-id dapat dibentuk dan dibuat secara manual ataupun secara otomatis dari penulisan setiap link yang ada di sebuah router OSPF.

Pada sebuah router, router-id akan dipilih oleh sistem berdasarkan IP Address yang paling tinggi dari semua pengalamatan IP Address yang terdapat pada router itu sendiri. Sebagai contoh ada sebuah router OSPF yang memiliki 3 interface (ethernet0/0, ethernet0/1 dan serial0/0) dan masing-masing telah diberikan pengalamatan IP Address yang berbeda jaringan (secara berurutan: 10.1.1.1/24, 10.2.2.1/24, 192.168.1.1/24), maka kita perlu memperhatikan nilai IP Address tersebut. Nilai IP Address yang paling besar akan dideklarasikan oleh sistem sebagai router-id router tersebut. Dalam contoh tersebut maka serial0/0 dengan IP Address 172.16.1.1 akan dipakai sebagai router-id.

Kita dapat secara sengaja melakukan disain router-id khusus untuk router OSPF tersebut. Terdapat dua solusi untuk memberikan router-id yang baru tanpa mengubah pengalamatan di sebuah interface fisik. Yang pertama dengan cara memberikan interface loopback pada router tersebut dan memberikan pengalamatan IP Address tertentu (misalnya 172.16.1.1/32), maka router-id yang sebelumnya (192.168.1.1/24) dapat tergantikan. Cara yang kedua adalah dengan memberikan tambahan perintah dibawah konfigurasi router OSPF, dengan menuliskan router-id lalu diikuti dengan penulisan 32bit dot decimal (192.168.100.1).

Dengan kronologis diatas, bergantinya router-id tersebut tidak secara otomatis dilakukan sistem. Oleh karena itu perlu kiranya menghapus distribusi router-id OSPF dengan menggunakan perintah clear ip ospf. Apabila hal tersebut tidak berhasil maka perlu melakukan reload router atau mungkin harus menghapus konfigurasi router OSPF baru kemudian dilakukan konfigurasi ulang :(

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, diupayakan agar merencanakan disain jaringan dan melakukan konfiguras lebih baik lagi. Apabila berencana menggunakan loopback interface sebagai router-id, maka tundalah membuat konfigurasi router OSPF setelah benar-benar interface loopback aktif dipakai. Namun demikian sangat disarankan agar memberikan router-id dengan memakai perintah router-id dibawah konfigurasi router. Untuk melihat dan memastikan kebenaran router-id, kita dapat menggunakan perintah show ip ospf.

Berikut ini gambaran penulisan router-id tersebut:
router-id 10.1.1.1

Untuk melihat dan memastikan kebenaran router-id, kita dapat menggunakan perintah show ip ospf.
Router# show ip ospf 

Routing Process "ospf 201" with ID 192.42.110.200 
Supports only single TOS(TOS0) route 
It is an area border and autonomous system boundary router 
Redistributing External Routes from, 
    igrp 200 with metric mapped to 2, includes subnets in redistribution 
    rip with metric mapped to 2 
    igrp 2 with metric mapped to 100 
    igrp 32 with metric mapped to 1 
Number of areas in this router is 3 
Area 192.42.110.0 
    Number of interfaces in this area is 1 
    Area has simple password authentication 
    SPF algorithm executed 6 times

Comments

Popular Posts