Data Center Training


Courtesy of Google
Sudah pernah mengikuti training Data Center? Beberapa kali training Data Center diselenggarakan di Jakarta. Yang menarik adalah, training ini menggunakan materi dari lembaga sertifikasi yang tidak mengusung platform dan vendor Data Center manapun. Pemilik lisensi training ini adalah EPI. Pengajar yang berpengalaman yang pernah saya kenal dari EPI dan telah saya temui adalah Edward Van Leent dan Jan. Jalur sertifikasinya yang digarap EPI tidak jauh berbeda dengan jalur sertifikasi dari Cisco System. EPI menawarkan CDCP, CDCS, CDCE dan CDFOM.

Training yang sedang marak saat ini adalah Certified Data Center Professional atau populer dengan singkatan CDCP. Training ini berlangsung selama dua hari dan ujian dilaksanakan pada hari kedua. Waktu training memang singkat namun padat. Dari bincang-bincang dengan Edward, beliau menjelaskan bahwa sistem ujian yang dilaksanakan secara langsung selepas mengikuti training memberikan dampak yang signifikan pada tingkat kelulusan peserta training. 

Beberapa kali saya mengikuti training yang diberikan EPI, hasil ujian peserta training memang memberikan trend yang bagus. Diharapkan baik vendor Data Center dan IT Engineer yang selalu berkecimpung di Data Center dapat bergabung dalam training semacam ini. Training Provider pertama yang menggelar training dan sertifikasi Data Center di Indonesia adalah Training Partners.


Comments

Popular Posts