Teknologi Data Nirkabel

Teknologi Data Nirkabel atau Wireless Data Technology adalah sebuah teknologi yang menjadi pilihan bagi komunitas dengan mobilitas tinggi. Teknologi ini berkembang pesat sejalan dengan kebutuhan beberapa komunitas yang sangat tergantung dengan sebuah akses informasi global. Akhir-akhir ini berbagai industri sudah menerapkan teknologi data nirkabel seperti ndustri perbankan, industri perhotelan, industri kesehatan, industri transportasi misalnya sebuah bandara, dan sudah mulai marak di pakai di rumah-rumah. Satu-satunya alasan mengapa teknologi ini dipilih karena kenyamanan dan flesibilitas yang tinggi.

Teknologi ini memiliki keragaman jenisnya. Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri, seperti perbandingan antara jangkauan sinyal, kecepatan transfer data, dan lisensi ataupun biaya yang harus dibayarkan untuk akses informasi dengan teknologi ini. Sebut saja Infrared (IR), Narrowband, Spread Spectrum, Personal Communication Service (PCS), 3G service, Cellular, Microwave transmission, Long range (LR) optical.

Berbagai jenis teknologi nirkabel tersebut sudah ditawarkan saat ini. Bila dilihat dari jangkauannya
dapat dibagi menjadi 4 (empat) area, yaitu personal area network (PAN), local area network (LAN), metropolitan area network (MAN), dan wide area network (WAN).

Personal Area Network (PAN)
PAN jangakuannya sangat terbatas pada lingkup sebuah ruangan di dalam rumah atau sebuah gedung. Jangkauannya sebatas 10 meter saja, namun bila dalam kondisi yang ideal dapat mencapai 100 meter. Bila diukur kecepatan aksesnya dapat mencapai 1 Mbps (Megabytes per second). Penggunaan teknologi ini umumnya pada sebuah komputer yang berhubungan dengan peralatannya, atau misalnya telepon nirkabel dengan gagang teleponnya. Standar teknologi ini adalah bluetooth.

Local Area Network (LAN)
Perancangan teknologi ini diperuntukkan bagi sebuah organisasi besar seperti sebuah perusahaan dengan area yang cukup luas. Kemampuan teknologi ini tidak jauh berbeda dengan teknologi dengan standar ethernet, yang sering disebut sebagai Wireless LAN (WLAN). Bila dibandingkan dengan PAN, kecepatan aksesnya jauh berbeda, yaitu hingga mencapai 54 Mbps. Mengunakan teknologi ini sebuah organisasi maupun perorangan tidak perlu membayar lisensi atau biaya apapun.

Metropolitan Area Network (MAN)
Pengembangan teknologi ini digunakan dengan jangkauan sebuah area kota besar. Kecepatan aksesnya sangat mirip dengan teknologi broadband akses seperti Direct Subscriber Line (DSL) yaitu hingga mencapai 25 kilometer. Namun demikian penggunaan akses informasi dengan teknologi ini masih menggunakan lisensi, meskipun beberapa organisasi seperti pihak kepolisian menggunakan lisensinya sendiri. Terdapat dua standar MAN yaitu multichannel multipoint distribution service (MMDS) dan local multippoint distribution service (LMDS). Standar mutakhir adalah worldwide interoperability for microwave access (WiMAX).

Wide Area Network (WAN)
Teknologi ini memiliki kecepatan akses yang lambat namun jangkauannya sangat luas. Untuk itu pengguna akses informasi dengan teknologi ini harus membayar sejumlah biaya untuk membeli airtime atas konsumsi penggunaan layanannya. Teknologi yang populer saat ini adalah general packet radio service (GPRS), code division multiple access (CDMA), dan personal digital assistants (PDA).






Comments

Popular Posts