IPv4, Subnetting, VLSM

Menjadi network designer yang handal paling tidak harus memahami perhitungan pengelolaan Internet Protocol (IP). Di beberapa kelas yang mendasar atau setingkat Associate seperti CCNA, pembahasan IP Management ini saya kemukakan secara komprehensif dan rinci. Tujuannya agar peserta training benar-benar memahami cara perhitungannya dan tujuan penggunaan perhitungan IP.

Dimulai dari pemahaman tentang IP versi 4 (IPv4), format penulisannya, cara menggunakan masking dan penggunaan logika AND. Apabila hal ini sudah dipahami maka saya melanjutkan pemahaman sub-jaringan atau subnetting. Seringkali sebelum masuk ke materi subnetting, banyak pertanyaan muncul dan diskusi mengalir dengan sendirinya.

Pada materi subnetting bukan hanya tehnik perhitungannya yang menarik namun bagi mereka yang masih baru di dunia IP, pemahaman materi akan lebih penting dan mendasar untuk disampaikan. Katakan saja bagi mereka yang dalam pekerjaannya memang bekerja di Telco Industry namun bukan menangani masalah jaringan IP secara langsung. Maka pemahaman teoritis akan sangat signifikan perbedaannya.

Pada materi subnetting, biasanya saya berikan berbagai studi kasus dan soal-soal. Maklum, konsep training ini memang dipakai untuk persiapan ujian Associate. Tapi bukankah pemahaman akan datang manakala kita selalu menjadikannya sebuah latihan? :)

Apabila saya melihat mereka sudah mahir menghitung dan memahami perhitungan subnetting, maka saya melanjutkan materi IP Management yang terakhir yaitu VLSM. Tidak jauh berbeda dengan cara penyampaian pembahasan perhitungan subnetting, saya juga memberikan berbagai studi kasus dan soal untuk dijadikan latihan. Blog inipun akhirnya saya jadikan bahan latihan untuk materi IP Management bagi peserta training.

binary calculation

Comments

Hi nice post!!!
Thanks for sharing knowledgeable information.
It's Your Time to Start Your Success.Learn more about our SAP courses ... https://onlinesaptrainers.com/
Thanks for sharing nice post !!
This information you provided in the blog that is unique.I love it. Keep continue
Learn more about our SAP courses ... SAP online training | Best sap institute in India ,sap hana online training , sap S/4 HANA training online , SAP UI5 Online Training in India , learn sap online , sap fiori training online

Popular Posts